Persiapan yang Baik Menjelang SBMPTN

 

Cara belajar yang benar 

Tiap orang memang memiliki cara belajarnya masing masing. Namun apa beberapa hal yang pokok yang harus kamu perhatikan : 
1. Belajar menggunakan kata kunci. Rangkum materi agar kamu mudah mengingatnya, kemudia buatlah kata kunci dari setiap point point pada materi tersebut. 
2. Belajar lah dengan keadaan yang santai, jangan lupa selalu sediakan air putih ketika belajar, karena dipercaya air putih mampu meningkatkan konsentrasi ketika belajar. 
3. Jangan pernah memaksakan diri untuk belajar sampai larut malam, belajar yang berlebihan juga akan membuatmu stress, ini berakibat fatal saat kamu menjalani ujian nantinya. 

Seminggu sebelum menjelang SBMPTN 

1. Anda harus membuat perkiraan berapa soal yang anda jawab dengan benar 
2. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan, hindari makan makanan yang bisa membuatmu sakit. Jika kamu punya penyakit yang bida kambuh sewaktu waktu, maka siapkanlah obat untuk menanggulanginya. 
3. Selesaikan segala masalah yang membebanimu, jangan sampai ketika ujian kamu memikirkan masalahmu dan itu akan menggangu konsentrasimu. 
4. Mintalah doa restu kepada orang orang terdekat terutama orangtua 

Detik detik menjelang SBMPTN 

1. Satu hari menjelang ujian kamu sudah harus tau lokasi tempat ujian mu dan tempat dudukmu. 
2. Pastikan kamu tidur dengan cukup menjelan ujian. 
3. Persiapkan segala peralatan ujian seperti pensil, penghapus dan papan jalan. 
4. Jangan lupa membawa jam tangan sebagai strategi waktu yang kamu punya. 

Waktu mengerjakan Soal SBMPTN 

1. Perhatikan setiap instruksi yang berikan pengawas.
2. Kerjakan soal dengan serius namun santai. Anggaplah soal didepanmu adalah soal latihan yang kamu kerjakan setiap harinya. 
3. Tiap usah memperhatikan kanan kiri, kamu harus focus pada apa yang kamu kerjakan, anggap kamu berada diruangan hampa. 
4. Kerjakan soal soal yang jauh lebih mudah menurutmu. Bagi soal yang kam anggap ragu, jangan lupa memberi tanda. Setelah mengerjakan soal yang mudah, barulah kamu mngerjakan soal yang sulit. 
5. Setelah setelah, cek kembali bagian biodata dan semua jawaban yang telah kamu kerjakan. Bagi yang pbt bisa mengecek apakah lingkarannya sudah rapi atau belum. 
6. Setelah ujian berisitirahatlah dan relekslah. 

Usaha sekeras mungkin tanpa diiringi sebuah usaha maka hasilnya juga akan siasia. Setelah ujian maka terus berdoa agar apa kita inginkan bisa tercapai. Selalu optimis, karena apa yang kita pikirkan itu adalah apa yang menjadi doa kita. Jangan pernah kamu percaya akan adanya keberuntungan, kalau kamu percaya akan hal itu berarti kamu sudah kalah sebelum berperang. Semangat! Kejar terus impianmu!

Comments