Tips Sukses Presentasi


Setiap presenter pasti ingin menampilkan presentasi dengan menarik dan berakhir dengan sukses tepuk tangan audience. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan materi presentasi dan pembawaan presenter pada saat presentasi. Penampilan si presenter juga tak kalah penting sebagai penyampai materi tentu tidak asal – asalan dalam berpakaian ataupun berperilaku.. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan agar presentasi ada sukses dan menarik.

1.       Rencanakan dan Buat Pembukaan yang Menarik

Pembukaan dalam sebuah presentasi sangat wajib dilakukan, Karena tidak mungkin saat prsentasi si presenter langsung mauk pada materi puncak. Buatlah pembukaan yang berkesan, pada poin ini dimaksudkan agar audience memperhatikan presentasi anda dengan baik, karena jika dari pembukaan saja audience sudah tertarik dan berkesan maka mereka akan dengan baik memperhatikan dan mendengarkan materi yang anda sampaikan. Anda bisa menggunakan pertanyaan, kutipan, cerita atau lebih baik lagi jika anda menggunakan sebuah fakta dari suatu data.

2.       Menggunakan Slide yang Sederhana

Setelah anda mendapatkan beberapa point dan telah membuatnya kedalam bentuk materi presentasi langkah selanjutnya adalah membuat slide presentasi. Buatlah dengan sederhana akan tetapi enak untuk dipandang, background warna putih sangat disarankan, selain itu hindari penggunaan animasi tidak penting yang justru malah menggangu audience saat membaca atau memperhatikan materi anda. Walaupun tampilan sederhana bukan berarti disini hanya background putih tulisan hitam saja, anda dapat menambahkan sentuhan – sentuhan kecil dengan menggunakan shapes dan sedikit merubah warna teks pada slide anda. Perlu diperhatikan kembali, jangan sampai slide presentasi terlihat kosong atau terlihat sangat penuh, sesuaikan ukuran jendela slide dengan banyaknya materi yang anda masukan.

3.       Tunjukan Semangat dan Antusiasme Anda

Jangan kecewakan audience yang datang, mereka hadir untuk menggali ilmu dari materi yang anda sampaikan. Bayangkan jika mereka sudah hadir dengan mengorbankan waktunya atau pekerjaanya untuk datang pada presentasi anda dan ternyata apa yang anda sampaikan kurang menarik, tentu mereka akana kecewa, mreka hadir untk mendapatkan sesuatu dari anda. Berikan semangat anda, tunjukan antusiasme anda, ketika anda bersemangat tentu para audience akan memperhatikan anda dengan baik, tetapi jika sebaliknya maka mereka akan tertidur pulas.

4.       Tutup Presentasi dengan Baik

Setelah anda sebagai presenter sukses memberikan pembukaan dan menyampaikan materi dengan semangat, langkah terakhir adalah tutup presentasi dengan baik.  Tarik kesimpulan dari presentasi yang telah disampaikan, penutup yang baik mengandung ajakan kepada audience untuk bersikap. Jangan lupa sampaikan maaf berkaitan dengan presentasi anda dan yang terpenting adalah sampaikan terima kasih Karena sudah hadir dalam presentasi anda.


Sebagai presenter yang baik maka akan selalu belajar walaupun tidak ada presentasi. Evaluasi diri anda setelah melakukan presentasi, Karena dengan itu akan membuat anda semakin berkembang dan berkembang. 

Comments