Asal Usul Sepeda Fixie atau Fixed Gear



Sepeda Fixie atau Fixed Gear atau Gear Mati berasal dari New York, Amerika Serikat. Digunakan oleh pengantar surat atau kurir di New York, Karena mengalami masalah keterlambatan waktu pengiriman yang diakibatkan padatnya lalu lintas kendaraan di jalanan kota New York. Mereka memilih alternative mengunakan sepeda fixie dan ternyata hasilnya memuaskan, keterlambatan waktu pengiriman dapat dikurangi dan bahkan tepat waktu.

Sepeda Fixie super minimalis ini menggunakan fixed gear yang berarti ayunan pedal akan terus berputar seiring dengan laju perputaran roda belakang, system pengereman yang digunakan adalah dengan memperlambat ayunan pedal dengan melawan arah perputaran, cara ini biasa disebut dengan Trape Door. Namun berkaitan ddengan system pengereman tersebut sepeda fixie sangat berbahaya apabila digunakan pada jalan yang menurun atau juga tikungan tajam Karena pedal akan terus berputar semakin cepat seiring dengan laju sepeda yang semakin cepat.



Dengan berat rata – rata kurang dari 11 Kg, rangka sepeda fixie biasanya menggunakan rangka sepeda balap, selain Karena memang kekuatan rangka sepeda balap yang memang sudah teruji kuat juga Karena penampilan sepeda lebih elegan dengan menggunakan rangka ini. Sepeda fixie pada umunya memang tidak dilengkapi dengan rem tangan, sepeda fiksi adalah sepeda yang simple. Kebanyakan sepda fiksi dibuat dan dirancang untuk menggunakan ban 700c.

Untuk saat ini sepeda fixie sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama dikalangan anak muda yang mengikuti tren, mempunyai sepeda fixie merupakan suatu kewajiban. Selain itu beberapa tahun terakhir juga muncul banyak sekali komunitas – komunitas pecinta sepeda fixie, hampir disetiap kota di Indonesia mempunyai komunitas sepeda fixie.


Penggunaan sepeda fixie untuk saat ini tidak hanya untuk berolahraga saja, tetapi juga tak sedikit orang yang mengunakan sepeda fixie ini untuk melakukan aktivitas sehari – hari seperti pergi ke sekolah atau juga bekerja. Menggunakan sepeda untuk beraktivitas memang sangat menguntungkan, disamping Karena memang bersepeda itu menyehatkan juga karena ramah lingkungan. 

Comments