Obat Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung


Obat Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung - Perut kembung atau dalam bahasa medisnya biasa disebut dengan flatulensi merupakan suatu gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh meningkatnya jumlah gas atau udara yang ada di saluran pencernaan seseorang. Aerophagia atau gas eksogen yang ditelan pada saat makan dan minum akan bisa menjadi penyebab dari penyakit perut kembung. Tidak hanya itu saja, perut kembung ternyata juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit gastroesophageal reflux yang mana akan bisa menyebabkan perut terasa mual.

Perlu Anda ketahui bahwa perut kembung merupakan salah atau gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi dan bahkan dialami oleh semua orang. Gangguan kesehatan yang satu ini bukanlah suatu masalah yang serius, namun tentu saja akan tetap mengganggu aktivitas karena penderitanya akan merasakan ketidaknyamanan di bagian perutnya mulai dari rasa sesak hingga mulas dan bahkan diare. Obat alami sangatlah disarankan untuk mengobatinya karena tidak menimbulkan efek samping, berikut ini akan kami ulas obat alami untuk mengatasi perut kembung.

Obat Alami Untuk Mengatasi Perut Kembung

1. Jeruk Nipis dan Jahe

Jeruk nipis dan jahe ternyata bisa Anda gunakan sebagai obat alami yang ampuh untuk mengatasi perut kembung, kedua bahan alami ini juga memiliki manfaat mengurangi rasa mual yang diakibatkan oleh gas yang ada di dalam perut. Untuk menggunakannya sebagai obat, Anda bisa merebus jahe dan mencampurkannya dengan perasan jeruk nipis, setelah itu minumlah selagi hangat.

2. Ketumbar dan Susu

Obat alami kedua yang juga terbukti cukup ampuh untuk mengatasi masalah perut kembung adalah ketumbar dan susu, kedua bahan yang satu ini dipercaya bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh perut kembung. Untuk menggunakannya, Anda bisa menghaluskan ketumbar dan mencampurkannya dengan segelas susu murni dan meminumnya untuk meredakan kembung.

3. Jahe dan Teh

Anda juga bisa menggunakan jahe dan teh untuk membantu mengatasi masalah perut kembung, jahe sendiri memiliki kandungan senyawa yang akan menghangatkan perut dan juga mengurangi rasa mual akibat perut kembung. Cara penggunaannya tidak sulit di mana Anda bisa merebus jahe yang sudah dimemarkan dan mencampurkannya dengan setengah gelas teh tawar.

4. Kompres

Jika perut Anda terasa kembung, maka Anda juga bisa mengatasinya menggunakan metode kompres, metode yang satu ini juga telah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi rasa nyeri dan juga mual yang biasa dialami pada saat perut kembung. Jika tidak memiliki alat kompres, Anda bisa menggunakan botol kaca yang diisi dengan air panas, kemudian balut dengan kain agar perut Anda tidak kepanasan.

5. Baking Soda

Baking soda merupakan obat alami kelima yang juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah perut kembung, perlu Anda ketahui bahwa soda kue atau natrium bikarbonat akan berperan sebagai antasid yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan gas di dalam perut. Anda bisa melarutkan setengah sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat, Anda juga bisa menambahkannya dengan perasan lemon.

Jika Anda sering mengalami masalah perut kembung, maka Anda bisa mencoba beberapa obat alami di atas yang tidak memiliki efek samping.


Comments