Berbagai Manfaat Baking Soda


Taukah kamu bahwa baking soda atau yang sering kita sebut dengan soda kue tidak hanya digunakan sebagai pengembang kue loh, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari soda kue. Berikut manfaat soda kue untuk perabotan rumah tangga

Pembersih Toilet

Toilet yang kotor memang terlihat menjijikan, namun taukan kamu bahwa baking soda mampu memberkannya dengan baik. Taburkan secara merata baking soda dalam toilet, lalu sikat secara merata kemudian siram.

Pemadam Api

Untuk ibu rumah tangga harus siap sedia baking soda di dapur, karena bahan ini mampu meredamkan api dengan cepat. Caranya dengan menaburkan bubuk baking soda pada api, maka api akan dengan segera mereka.

Membersihkan Noda pada Pakaian

Campurkan baking soda dengan detergen, gunakan saat mencuci makan noda yang yang mebandel pada pakaian akan dengan mudah hilang. Tak perlu lagi menyikat atau mengucek dengan susah payah untuk menghilangkan noda tersebut.

Membersihkan Saluran Air

Sering kali saluran air tesumbat dan membuat kerepotan, dengan baking soda semua akan teratasi. Cukup dengan menuangkan secangkir baking soda pada saluran air yang tersumbat maka saluran tersebut akan kembali dengan normal.

Membersihkan Serbet

Serbet rumah tangga penuh dengan berbagai noda seperti kecap, minyak, saos dan lain lain. Kalau sudah begini serbet menjadi pr setiap ibu rumah tangga untuk mencucinya sampai bersih. Dengan baking soda semua noda yang ada pada serbet akan hilang, saat mencuci campurkan baking soda maka noda yang menempel akan dengan mudah hilang.

Pembersihkan Perhiasan

Perhiasaan yang telah lama dipakai atau terlihat kusam atau warnanya sudah tidak enak untuk dipandang. Caranya dengan menggosokkan baking soda ke perhiasan yag anda miliki kemudian, kemudia tunggu beberapa menit, maka warna perhiasan akan kembali seperti semula.

Menghilangkan Noda Gosong pada Wajan

Noda gosong memang sulit sekali dibersihkan, agar terlihat bersih gunakan baking soda saat mencucinya. Usapkan spon kawat dengan beking soda lalu gosokkan pada bagian yang gosong kemudia bilas dengan air.

Menghilangkan Jerawat

Siapa yang tidak sebal jika diwajahnya banyak sekali jerawat. Khusus bagi wanita, jerawat adalah hal yang paling menyebalkan. Baking soda bisa membantumu dalam mengatasi hal menyebalkan ini. Campur baking soda dengan menggunakan air, aduk sampai kental kemudian oleskan pada wajah, tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air. Selain aman, baking soda dipercaya ampun untuk mengatasi jerawat membandel.

Pembersih Kulit pada Wajah

Baking soda dipercaya mampu menghilangkan sel sel kulit mati yang ada. Caranya sangat mudah dengan mencampurkan baking soda dengan air kemudian digunakan untuk mencuci muka, gosok secara halus. Baking soda juga bisa digunakan sebagai pemutih wajah, mampu menghilangkan flek hitam, minyak pada wajah.

Mencerahkan Ketiak yang Hitam

Bagi kamu yang suka menggunakan pakaian tanpa lengan mungkin ini hal yang harus kamu perhatikan, bagian ketiak. Bagian ketiak yang hitam akan menjadi hal yang sangat memalukan, soda kue dinilai lebih aman untuk ketiak dibandingkan deodorant yang dijual dipasaran. Cara nya dengan mencampurkan baking soda dengan air, lalu olehkan pada ketiak. Baking soda juga dapat membuat ketiak lebih segar serta menghilangkan bau yang tidak sedap.

Pembersih Kuku

Tak perlu menipedi lagi kamu bisa membersihkan kukumu di sendiri. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air, aduk hingga agak kental lalu pijatkan pada kuku kaki dan tangan. Baking soda akan membuat kukumu tampak bersih dan putih.

Kondisioner Rambut

Siapa sangka kalau baking soda juga bisa digunakan sebagai kondisioner rambut. Baking soda akan menjaga kelembaban rambut, gunakan baking soda saat keramas.

Taukah kamu bahwa baking soda atau yang sering kita sebut dengan soda kue tidak hanya digunakan sebagai pengembang kue loh, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari soda kue. Berikut manfaat soda kue dalam bidang kesehatan

Penghilang Bau Mulut

Kandungan yang ada didalam baking soda akan membuat mulut terasa segar, selain itu kuman yang ada didalam mulut akan mati. Caranya mudah dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu kumur kumur sebelum kamu tidur. Baking soda juga mampu menghilangkan bau mulut.

Menurunkan Asam Lambung
Kandungan didalam baking soda mampu mengurangi tekanan asam lambung. Caranya dengan mencampurkan 3 senduk teh baking soda kedalam 100ml air, kemudian aduk higga rata, minum secara rutin 3 kali sehari.

Penghilang Rasa Gatal

Rasa gatal yang tidak kunjung reda memang sangat menggangu sekali. Gatal alergi atau gatal biasa bisa diatasi dengan baking soda. Caranya dengan campurkan baking soda dengan air, lalu oleskan pada bagian yang gatal, diamkan sebentar lalu kemudian bilas dengan air.

Pemutih Gigi

Anda bisa menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi anda, tak perlu repot repot merogoh kantong yang dalam. Caranya dengan mengahaluskan buah stroberi yang telah matang kemudian campurkan dengan baking soda, setelah itu oleskan pada gigi anda dan diamkan selama 5 menit, lalu gosok gigilah dan anda akan mendapatkan hasilnya. Anda bisa melakukan ini dalam 1 miggu sekali, tidak boleh lebih.

Mengurangi Efek Panas Matahari

Tidak jarang sengatan matahari bisa menimbulkan rasa panas dan juga perih. Kamu bisa menguranginya dengan menggunakan baking soda. Caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air es, kemudian masukkan handuk kedalam airnya lalu kompres bagian yang terkena sengatan matahari.

Comments