Memilih Jurusan Kuliah Bukan Hal yang Sepele


Pasti setiap orang memiliki cita cita, pilihlah jurusan yang sesuai dengan apa yang kamu cita citakan. Semisal kamu masuk jurusan Teknik Industri tetapi kamu bercita cita menjadi Dokter ahli bedah. Sesuaikan jurusan sesuai dengan minat dan bakat, karena apapun hal yang kita suka pasti akan lebih enjoy menjalankannya dimasa perkuliahan nanti. Jangan sampai kamu menyukai hal yang berhubungan dengan Komputer tetapi kamu masuk ke jurusan Hukum. Di Indonesia sendiri sudan banyak perguruan tinggi Negeri/Swasta yang banyak menyediakan jurusan yang kamu suka.

INFORMASI


Carilah informasi informasi yang banyak perihal jurusan yang ingin kamu masuki. Tanyakan kepada alumni, teman atau kerabat yang sudah lebih dulu masuk kedalam jurusan itu, kini tak sedikit juga bimbel yang menyediakan konsultasi masalah jurusan. Internet juga menjadi gudangnya informasi, apapun bisa kamu cari disini, dari mulai prospek kerjanya, daya tampungnya dan apa saja hal yang dipelajari dalam jurusan itu.

LOKASI DAN BIAYA

Ini termasuk kedalam hal penting yang harus kamu perhatikan. Bagi mereka yang hidup dengan ekonomi atas mungkin tidak masalah ingin masuk jurusan apapun dan dimanapun. Tapi bagi mereka yang berada dalam ekonomi bawah ini menjadi pertimbangan. Jika dana terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan rumah, dengan begitu kamu tidak perlu ngekost dan lainlain. Pilih juga tempat kuliah yang memang tidak memerlukan biaya tinggi. Jika dana belum juga cukup, bekerja keraslah mencari beasiswa atau melalui bidikmisi. Jangan sampai uang menjadi penghalang mu untuk menggapai cita cita mu ya!

KARIR DAN PEKERJAAN

Kamu harus tau apakah jurusan pilihan mu akan mengantarkanmu untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan menunjang karirmu. Banyak jurusan jurusan saat ini yang setelah lulus tidak dapat bekerja. Dalam bekerja tidak hanya lulusan saja yang dilihat, namu pengalaman juga menjadi penilaian penting untuk saat ini.

Comments