Apakah Rokok Elektronik (Vape) Mengakuisisi Pengguna Rokok Konvensional?

Setiap orang sudah tidak asing lagi setiap mendengar kata ‘vape’. Benda yang sedang fenomenal akhir akhir ini di masyarakat Indonesia. Banyak yang beralih ke rokok elektrik karena mereka berpendapat cara merokok ini jauh lebihmaman dan lebih trendi, tanpa mengurangi kenikmatan merokok tembakau itu sendiri.

Rokok Elektronik merupakan sebuah inovasi baru dari bentuk rokok biasa menjadi rokok modern. Rokok elektronik dianggap sebagai rokok yang lebih sehat dan ramah lingkungan daripada rokok biasa karena asapnya yang jauh lebih ringan ketika dihirup. Selain itu, rokok elektronik lebih hemat daripada rokok biasa karena dapat diisi ulang dengan cairan yang memang digunakan untuk merefill rokok tersebut. Bentuknya ENDS seperti batang rokok biasa. Namun tidak membakar tembakau, seperti produk rokok biasa lainnya. Rokok ini membakar cairan menggunakan baterai dan uapnya masuk ke paru-paru pemakai. Produk itu dipasarkan dengan banyak nama, di antaranya rokok elektronik, ecigarro, electro-smoke, green-cig, dan smartsmoker.

Apa Saja Kandungan Rokok Elektrik?

Rokok elektrik atau biasa juga disebut dengan sistem pengiriman nikotin elektronik (ENDS) merupakan alat penguap bertenaga baterai yang dapat menimbulkan sensasi seperti merokok tembakau. Tampilannya pun ada yang menyerupai rokok dan ada pula yang didesain berbeda. Rokok ini pertama kali diberi hak cipta oleh apoteker asal Tiongkok, Hon Lik, pada tahun 2003. Kemudian dipasarkan di Tiongkok pada tahun 2004 melalui perusahaan Golden Dragon Holdings (saat ini bernama Ruyan).

Di dalam rokok elektrik terdapat tabung yang didalamnya berisi cairan yang dapat diisi ulang. Larutan ini mengandung nikotin, propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian akan muncul uap seperti asap. Sebagian perusahaan menjual cairan tersebut dengan berbagai macam varian rasa. Antara lain perasa mentol/mint, karamel, buah-buahan, kopi, atau cokelat.
Berikut beberapa jenis rokok elektrik :

Starter Kit


Electrical Mod


Mechanical Mod


Comments