Seblak Bandung yang Membakar Nusantara



Siapa yang tidak kenal jajanan seblak. Rasa pedas dan gurih bumbunya membuat para pecinta kuliner yang jatuh hati dengan jajanan yang satu ini. Bukan hanya sekedar enak rasanya tapi juga mudah cara membuatnya. Banyak orang-orang mulai berinovasi dari olahan seblak dengan berbagai macam bahan makanan, seperti: ceker, makaroni, kwetiau, dsb. 

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang  memiliki citarasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang diolah dengan sayuran dan berbagai protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak merupakan jajanan Khas Bandung, Jawa Barat. Seblak adalah jajanan jalanan yang cukup digemari, terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak, bahkan sekarang banyak outlet yang khusus dibuka untuk menjajakan makanan yang satu ini. Makanan ini yang memiliki tekstur kenyal ini memiliki rasa pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi.

Kini seblak tidak hanya dapat kita temukan di daerah Jawa barat saja, di berbagai daerah seperti Solo dan Jogja pun sudah mulai banyak menjajakan jajan pedas yang satu ini. Tak hanya itu banyak inovasi rasa yang baru dalam penyajian sebak itu sendiri. Berikut beberapa varian rasa baru seblak

1. Seblak Kerupuk Ceker Pedas 


2. Seblak Basah 


3. Seblak Basah Makaroni Pedas 


4. Seblak Sosis 





kerupuk yang biasa digunakan adalah kerupuk yang dikenal dengan sumber sari atau kerupuk kanji. Macam-macam kerupuk ini sering dipakai buat pelengkap hidangan nasi goreng dan aneka jajanan lainnya bisa berwarna merah, orange, kuning, putih, belang dan sebagainya.

Kerupuk untuk seblak adalah kerupuk yang masih mentah atau belum digoreng kemudian dimasak dengan bumbu seblak atau direbus dahulu secara terpisah, dapat juga direndam air panas untuk seblak kerupuk yang tidak ingin terlalu lembek.

Comments