Kota Susunya Indonesia

Boyolali, kata yang memang tidak asing ditelinga kita. Kota yang terkenal akan susu sapinya ini memang menjadi daya tarik para wisatawan akan olahan yang berbahan dasar susu. Jika kamu berkunjung ke kota ini maka jangan heran jika kamu menemukan banyak sekali patung sapi.

Mungkin banyak orang yang bingung jika berkuncung ke kota ini akan membawa oleh oleh apa, pasalnya susu murni tidak mampu bertahan dalam jangka lama. Namun karena orang orang didaerah sana yang cukup kreatif, banyak dari mereka yang mulai memvariasikan olahan susu murninya.

Dodol Susu

Yak seperti namanya, dodol ini berbahsan dasar susu, aroma khas susu yang khas menjadi daya tarik tersendiri pagi mereka pecinta susu. Kamu bisa dapatkan dodol susu ini di kawasan Gunung Merapi di Selo, jika kamu berkunjung kesana maka jangan lupa menyempatkan untuk mencoba jajanan yang satu ini. Manis dan menyehatkan.

Keju

Masih berada di kawasan Selo, Boyolali, bagi kamu pecinta keju tidak lengkap jika tidak mencicipi keju boyolali ini. Pemiliknya berasal merupakan warga Belanda yang memang sudah menetap di Selo, dan beliau memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi susu sapi di daerah tsb.

Nasi Tumpang Sambel Lethok

Jangan heran kalau bahan dasar dari sambel lethok itu adalah tempe yang sudah busuk. Ini memang menjadi cirikhas daerah Boyolali, banyak sekali warung warung yang menyediakan olahan makanan yang satu ini. Biasa disajikan dengan berbagai rebusan sayur mayur akan menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Jenang Pecel

Jenang pecel merupakan bubur sumsum yang ditambahan dengan berbagai sayuran serta disirami oleh bumbu kacang. Tekstur jenang yang lembut dipadu dengan sambel kacang dan sayuran menjadi cita rasa yang khas bagi setiap orang yang memakannya.

Itu tadi beberapa makanan yang wajib kamu coba dan kamu hadiahkan sebagai oleh oleh ketika berkunjung ke Boyolali. Selamat mencoba!

Comments