Asal Muasal Alas Kaki atau Sepatu

Siapa manusia di dunia ini yang tidak mengenal sepatu? Tentu semua tahu apa itu sepatu, hampir sebagian besar manusia di muka bumi ini pernah memakai sepatu. Saat ini alas kaki atau biasa disebut sepatu mempunyai banyak sekali ragam jenisnya. Disesuaikan dengan kondisi lingkungan maupun kegunaannya. Beberapa jenis sepatu seperti sepatu sport mempunyai banyak macam antara lain sepatu futsal, sepatu sepakbola, sepatu basket, sepatu badminton dan masih banyak lagi. Sedangkan sepatu yang digunakan untuk kegiatan bekerja ataupun sekolah biasanya digunakan sepatu pantofel ataupun dapat juga sepatu yang berjenis casual.




Tahukan anda? Diperkirakan alas kaki atau sepatu ini telah ditemukan manusia sejak zaman es atau sekitar 5 juta tahun yang lalu. Sepatu primitive tersebut banyak ditemukan di daerah pedalaman Missouri, Amerika Serikat dan telah diperkirakan temuan tersebut berasal dari tahun 8000 SM (Sebelum Masehi). Sepatu jenis lain juga ditemukan di Perancis dan diperkirakan sepatu tersebut tercipta pada tahun 3300 Sebelum Masehi. Dari sepatu yang telah ditemukan tersebut bahan pembentuknya pun beragam, rumput atau semak juga digunakan disamping menggunakan kulit binatang.



Sepatu bersol pertama kali dibuat pada tahun 1800 dan diberi nama “Pimolls”, selanjutnya pada tahun 1892 Goodyear dan US Rubber Company memulai memproduksi sepatu karet dan juga kanvas. Pada tahun ini ditentukan Keds adalah nama trbaik dari alas kaki. Tahun 1908 berdirilah perusahaan sepatu yang kita kenal hingga saat ini “Converse Shoe Company” yang didirikan oleh Marquis M. Converse. Pada tahun 1917 pertama kalinya sepatu keds diproduksi secara masal, selain itu Converse juga mengeluarkan sepatu basket pertama mereka yang diberi nama Th Convere All Star. Pada  masa ini sepatu keds juga disebut dengan sneakers. Selanjutnya pada tahun 1920 Adidas yang didirikan oleh Adi Dassler mulai memproduksi sepatu olahraga buatan tangan. Sedangakan pada tahu7n 1948 Puma Schuhfabrik Rudolf Dassler atau biasa dikenal dengan Puma didirikan. Puma memproduksi sepatu sepakbola yang pertama kali digunakan oleh tim sepakbola dai jerman barat. Berbagai jenis sepatu terus mengalami perkembangan hingga saat ini, hampir pada setiap kegiatan yang kita lakukan sehari hari mempunyai jenis sepatu masing – masing.


Dengan terciptanya alas kaki atau sepatu tentu memudahkan berbagai kegiatan yang kita lakukan sehari – hari, fungsi dari sepatu untuk saat ini disamping sebagai fashion namun juga sebagai suatu alat pelindung kaki, baik pelindung dalam bentk benturan maupun yang lainya.

Comments