Ini Manfaat Main Game

 
Game biasanya dianggap sebagai hiburan semata dan suatu kegiatan yang hanya buang buang waktu saja. Namun, tak sedikit orang yang mengira bahwa bermain game itu hanya memiliki dampak negative saja, tapi sebenarnya semua itu tergantung pada pemainnya itu sendiri. Tergantung bagaimana kita memainkannya, secara berlebihan atau hanya sekedar menghilangkan rasa bosan. Kini banyak sekali game dengan konteks memecahkan teka teki serta mengatur strategi. 

Berikut beberapa dampak positif dari bermain game :

Meningkatkan Keterampilan

Biasanya seorang pemain game akan memperhatikan detail detail kecil dari game yang mereka mainkan. Mereka akan sedetail mungkin memperbaiki hal apapun untuk memperbaiki catatan score meraka. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bermainkan akan meningkatkan keterampilan pemainnya.

Mengatasi Depresi

Seseorang yang sedang depresi bisa terhibur dengan bermain game. Ada beberapa saraf dalam otak, salah satunya adalah otot parasimpatik. Otot ini akan aktif dan membuat depresi yang anda alami berkurang.

Mengontrol Mimpi



Sebuah penelitian memaparkan bahwa bermain game sama dengan mengontrol mimpi. Dalam game pemain akan diajak berimajinasi dengan berbagai keseruan serta karakter dalam game tersebut. Maka hal ini akan mempengaruhi control emosi, mengurangi mimpi buruk serta kestabilan mental.

Meningkatkan Perhatian Visual

Seorang pemain game selain akan menambah ketelitian atau kejeliannya, game juga dapat meningkat kefokusan mereka dalam mengerjakan suatu hal.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Bahwasanya seorang pemain game dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam memecahkan suatu masalah dan membuat keputusan. Tidak sedikit game diciptakan untuk memecahkan masalah, mengatur strategi dan teka teki.

Demikian beberapa hal positif dari game. Namun, bagi anak anak harus dalam pengawasan orang tua, disini orang tua berperan penting dalam memilihkan game bagi anak anak mereka. Jangan berlebih dan jangan sampai tidak pernah bermain game. Gunakan game sebagai selingan menyenangkan dalam waktu luang mu.

Comments