Perkembangan Musik Folk Dalam Indie Musik



Berbicara soal musik indie, sebenarnya sudah berkembang lama namun mulai baru naik daun belakangan ini. Mulai banyaknya band indie baru menempatkan indie sebagai jalur yang menjadi pilihan dihati penikmat dan pelaku music saat ini. Sempat sebelumnya begitu naik band aliran pop dengan nuansa cinta, saat ini kedalaman dan makna lirik lebih di tonjolkan untuk menyampaikan pesan-pesan atau gambaran kehidupan. Berbagai aliran musik mulai tenar dieranya masing-masing yang menarik penggemar sangat luar biasa pula pada masanya.

Folk mungkin sudah banyak yang telah mendengar kata ini tetap entah apa yang terbesit dalam pikiran setiap orang setelah mendengarnya. Musik Folk adalah music etnik yaitu musik yang pembawaanya entah itu insrumen musik ataupun lagu lebih merujuk ketradisional. Musik ini kental akan makna kehidupan sehari-hari dan penikmatnya pun dari berbagai kalangan sosial.

Sebenarnya music folk telah berkembang cukup lama, tak dapat diketahui tepatnya tetapi music ini mulai berkembang pada abad 19. Di indonesia sendiri para musisi kawakan yang telah mengawali kiprahnya di music folk antara lain Ebit G. Ade, Navikula, IwanFals, Franky Sahilatua dan musisilainya. Dan kemudian diera saat ini mulai bermunculan band-band Folk yang cukup dipertimbangkan dan menjadi idola baru dikalangan anak muda antara lain Payung Teduh, Barasuara, Float, ParaHyena dan lainya.

Musik folk yang sering muncul saat ini sebenarnya adalah the (second) folk revival dan Contemporary folk music namun untuk memudahkan dalam penyebutan orang-orang sering memanggil musik folk. Ada figure paling terkenal dalam musik folk yang merupakan pionir Contenporer folk musik dia adalah Woodie Guthrie yang mulai merekam lagunya diera 40an sebelum music folk mencapai puncaknya diera 60an yang pada masa itu sedsng tenar lagu-lagu bertemakan politik dan anti perang.

Kehadiran dan bangkitnya kembali music folk di Indonesia memberikan warna music yang beragam yang dibawakan dengan keunikan music daerah yang sangat banyak dan beragam dari penjuru Indonesia. Keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia dapat dicurahkan dalam indahnya alunan music folk.

Comments