Boneka Tanaman yang Mengedukasi




Mungkin belum banyak dari kita yang mengetahui mengenai boneka horta. Boneka horta diambil dari kata holtikultura. Boneka ini merupakan media tanam dari serbuk kayu yang apabila disiram dibagian atasnya akan tumbuh berupa rumput hijau seperti rambut. Boneka horta ini juga dapat sebagai media edukasi, dimana dapat mengajarkan anak mengenai tanam menanam, menyiramnya setiap hari serta memperhatikan tumbuhnya suatu tanaman. Biasanya apabila sudah lebat rumput yang tumbuh mereka akan memangkas rambutnya sesuai model yang mereka inginkan. 

Sebenarnya terdapat 2 model boneka rumbut ini 

1. Boneka Horta 


2. Boneka Potty 


Berbeda dengan boneka horta, boneka potty ini berbentuk seperti pot lucu dengan beragam bentuk yang sangat menarik, seperti gajah, kucing, kura kura dll. Dalam boneka potty yang mini ini kita bisa mengajarkan anak anak menanam benih sayuran dan bunga bungaan. Sama seperti boneka horta, boneka ini memiliki konsep edukasi yaitu mengajarkan anak untuk menananm, merawat tanaman dan mencintainya, dengan harapan akan muncul generasi generasi yang mencintai lingkungan sehingga bumi terus terjaga. 

Boneka ini menjadi pot unik, menggemaskan sekaligus tahan lama. Didesain sedemikian rupa agar tanaman menyatu dengan pot tersebut. Apabila tanaman yang ada didalamnya sudah mati, dapat diganti dengan benih yang lain. Boneka ini sangat cocok sebagai buah tangan, souvenir pernikahan, hadiah untuk teman dll. 

Boneka ini mulai diproduksi sejak 2014 lalu, tingginya daya tarik terhadap boneka menjadikan produksinya bergerak sangat cepat. Boneka yang dirancang oleh mahasiswa dari Universitas IPB ini mampu menarik perhatian sampai ke Internasional. Begitulah sedikit ulasan mengenai salah satu karya anak bangsa yang luar biasa yang mampu menembus kancah Internasional. Produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar. Cintailah produk anak bangsa.

Comments