Trend Naik Gunung Anak Muda Nusantara


Belakangan ini banyak sekali para muda mudi Indonesia yang naik turun gunung mengeksplorasi indahnya nusantara dari ketinggian. Dengan munculnya trend ini tentu selalu ada pro dan kontra, kabar baiknya dari trend ini yaitu meningkatnya pendapatan basecamp yang berada disekitar gunung yang biasanya menjadi destinasi pendakian. 
Tidak diragukan lagi hal tersebut membuat social media semakin ramai dengan foto-foto nusantara dari ketinggian. Namun, dari munculnya trend tersebut juga terdapat beberapa hal yang kurang menyenangkan untuk di dengar. Diantaranya adalah tak sedikit pendaki pemula yang belum mengetahui sopan santun mendaki gunung bahkan ada juga yang minim dalam hal persiapan, berangkat dengan logistic seadanya dan bermodalkan kenekatan. Selain itu bisa dibilang hanya segelintir orang yang sadar akan kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda ingin melihat indahnya nusantara dari ketinggian : 

1. Persiapan Fisik Maupun Peralatan 

Poin pertama ini adalah poin yang paling penting dan tidak boleh lengah sedikitpun. Perlu diketahui, tujuan mendaki gunung bukanlah puncak akan tetapi pulang dengan selamat dan kembali bertemu dengan keluarga. Sebelum mendaki gunung buatlah ceklist perlengkapan seperti matras, sleeping bag, kompor, tenda, alat memasak, alat penerangan, alat makan, obat obatan, tisu basah maupun kering, perlengkapan pribadi, dan lainya. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga seperti lari, push up, sit up dan lainya minimal 2 minggu sebelum anda melakukan pendakian dan sebaiknya dilakukan setiap hari. 

2. Dresscode Naik Gunung 

Selain perlengakapan dan persiapan fisik anda juga perlu menyiapkan dresscode, apa saja yang di perlukan saat naik gunung? Yang pertama adalah jaket yang tebal sebagai pelindung dari udara dingin, kemudian siapkan baju yang akan dipakai dan sediakan baju cadangan, saya sarankan anda menggunakan baju dan celana yang cepat kering atau dry fit, untuk celana bisa pendek atau panjang tergantung kenyamanan anda, tapi disarankan panjang dan tidak ketat karena untuk keamanan dan fleksibelitas anda jika menemui trek yang sulit. Selanjutnya adalah sepatu, gunakan sepatu yang mempunya gerigi pada bagian alasnya, gerigi ini berfungsi agar anda tidak tergelincir pada trek basah maupun trek yang sulit, bisa anda tambahkan juga aksesoris topi atau yang lainya sesuai keinginan anda, yang terpenting nyaman dan tidak membahayakan. 

3. Jangan Lupa Bawa Makan dan Minum 

Untuk makanan sebenarnya bebas sesuai selera, namun saya sarankan untuk menghindari makanan yang pedas, jangan lupa untuk membawa camilan snack ringan disamping anda juga makanan yang berat seperti nasi atau yang lainya, sedangkan untuk minuman saya sarankan perorang membawa minum/air 3,5 liter untuk pendakian satu malam, bila tas anda masih muat bisa anda tambah lebih dan apabila anda masih kuat menggendongnya. 

Dalam dunia perpendakian tentu masih banyak lagi perlatan peralatan dan persiapan yang belum saya sebutkan dalam postingan kali ini, namun untuk pendakian jangka pendek atau 1 malam saya rasa ke tiga poin yang telah saya sebutkan itu cukup. Apabila teman teman masih ingin menambahi silahkan tulisan dikolom komentar. Dan saya ingatkan bagi para pendaki yang akan melihat indahnya nusantara dari ketinggian jangan lupa persiapkan segala apapun dengan matang dan jagalah lingkungan kita dari sampah jangan malu untuk memunguti sampah yang anda temukan di jalan ketika anda turun. Tujuan utama mendaki bukanlah mencapai puncak, akan tetapi pulang dengan selamat.

Comments