Tahu Bulat ala Indonesia

Tahu awalnya berasal dari daratan Cina, tahu ditemukan oleh seorang ilmuan dan philosopher, pengusaha dan ahli politik bernama Lord Liu An. Banyak para ahli berpendapat bahwa bahwa ia memperkenalkan makanan non daging dari tahu.

Karena dahulu masyarakat Cina yang mayoritas memeluk agama Budha, yang menghindari konsumsi daging “dari hewan ternak berkaki empat”, maka kehadiran tahu ini menjadi kabar gembira, pada akhirnya banyak dari mereka yang menjadikan tahu sebagai makanan berprotei tingga, lezat dan juga harganya yang terjangkau.

Tahu fenomenal yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga. Tahu bulat yang berasal dari kota Tasikmala ini sudah dapat kita jumpai diberbagai kota diseluruh Indonesia. Tahu bulat berbeda dengan tahu biasanya karena dalam prmbuatannya tahu ini telah dicampuri beberapa bumbu sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan enak, kebanyakan tahu bulat Tasikmalaya ini memiliki rasa ikan yang begitu khas sehingga banyak sekali orang yang ketagihan.

Tahun bulat lahir dari sebuah industry rumahan yang kemudian dipasarkan di lingkungan sekitar pada tahun 2000-an. Selain karena rasanya yang enak, bentuk tahu yag bulat ini banyak orang ang tertarik, maka dari itu tak heran jika tahu bulat ini berkembang sangat pesat. Kini tahu bulat dijajakan dengan mobil pickup dengan memperdengarkan lagu handalannya seperti “tahu bulat……. Digorengg… dadakaa.. 500an.. gurih gurih nyoiiiiii”

Berkembangnya tahu bulat membuat banyak penjual yang tertarik menambahkan bumbu bumbu yang bervariasi, ketika matang tahu bulat ditambahkan seperti bubuk pedas, asin, kecu, bbq dll. Harga yang terjangkau serta penyajiannya yang selalu dalam keadaan hangat menjadikan tahu bulat ini jajanan atau camilan yang enak. Apakah kamu salah satu penikmat tahu bulat dikala waktu luang?

Comments