Wiraswasta Menjadi Cita-Cita Tiap Mahasiswa


Indonesia adalah Negara berkembang dengan tingkat kemiskinan yang bisa dikatakan masih tinggi. Menurut sebuah riset, negara dapat dikatakan makmur jika terdapat 4% dari jumlah penduduknya adalah yang berwirausaha. Sementara Indonesia belum bisa menyentuh angka 2%. Untuk Negara jepang telah mencapai 10% untuk jumlah wirausahanya dan 10% untuk Amerika serikat, 7% untuk negara Singapura. 

Kebanyakan dari Negara Indonesia sudah dari dulu ditanamkan orang sukses adalah seorang karyawan yang bekerja tetap disuatu instansi tertentu, entah itu swasta ataupun pemerintah. Namun mereka melupakan jumlah gaji yang telah ditetapkan yang sebenarnya hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan sedikit uang untuk ditabung, dan yang dilupakan lagi adalah mulai dari 0 setelah pensiun. 

Mulai saat ini banyak pemuda yang mulai berfikir untuk menjalani sebuah wirausaha dengan harapan penghasilan yang lebih besar untuk memenuhi segala keinginan mereka dengan bebas. Universitas mulai mengajarkan dasar-dasar wirausaha bagi mahasiswa karna diharapkan lulusan perguruan tunggi juga mampu menghasilkan lapangan kerja. Luasnya lapang kerja dapat mengurangi pengangguran. Banyaknya mahasiswa yang lulus tiap periode berbanding terbalik dengan jumlah lapangan kerja yang sangat lambat bergerak. 

Tetap itu tidak ada yang salah karna itu pilihan, sukses tergantung pada apa yang kita miliki dan kemampuan kita untuk mengeksplore segala yang kita miliki. Banyak juga orang yang sukses sebagai karyawan, banyak juga orang yang memang memiliki jiwa wirausaha yang susah payah bertumbuh hingga menjadi perusahaan yang bagus, ada juga pelaku usaha yang menyerah ditengah jalan karena beratnya medan pertempuran yang mereka hadapi untuk meraih tujuan mereka. Demikian sedikit ulasan mengenai daya tarik tersendiri seorang mahasiswa dalam berwirausaha.

Comments