Tingkat Persaingan Tiap Jurusan di Perguruan Tinggi


Kebanyakan siswa/i SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke-perguruan tinggi selalu bingung ingin mengambil jurusan apa, tidak banyak dari mereka yang harus konsultasi kepada orangtua, teman dekat bahkan beberapa ada yang menjalani tes untuk mengetahui dimana bakat atau passion yang di punya. 

Mayoritas calon mahasiswa baru akan memilih jurusan yang di anggap memiliki prospek kerja yang besar dan luas. Namun yang harus diingat adalah semakin besar peminat dalam suatu jurusan, maka akan semakin besar pula tingkat persaingannya. 

Tidak sedikit pula mahasiswa yang memilih jurusan dengan prospek kerjanya kurang baik justru menjadi orang yang jauh lebih sukses, ini mendefinisikan bahwa kesuksesan orang bukan tergantung dari jurusan yang dia ambil, melainkan dari kemampuan yang dia miliki. Berikut beberapa jurusan yang hingga kini menjadi primadona setiap mahasiswa baru 

1. Kedoteran 


Selain karena jurusan ini menjadi jurusan yang sangat bergengsi, kedokteran juga memiliki prospek kerja yang sangat baik. Mahasiswa kedokteran harus pintar memanajemen waktu yang baik serta menjaga badan dan stamina karena waktu belajarnya yang menyita waktu. Hal-hal yang dipelajari jurusan kedokteran secara umum adalah anatomi, fisiologi, farmakologi, patologi, ilmu bedah, forensik, dan attitude. 2. Teknologi Informatika Jurusan ini cocok bagi math freak, jurusan ini mempelajari sistem bilangan biner dan kode-kodean memakai teknik kriptografi. Jurusan ini memiliki banyak mata kuliah yang fokus ke pemrograman dan pengembangan software aplikatif. 

3. Ilmu Hukum 


Jurusan atau Fakultas Hukum memang banyak sekali prospek kerjanya, mulai dari hakim, jaksa, pejabat Negara, consultaner dll, maka tak heran kalau jurusan yang satu ini menjadi primadona calon mahasiswa baru. Ilmu hukum merupakan fokus ilmu yang berpusat pada praktek hukum, diantarannya mencakup hak asasi manusia, hukum perdagangan, hukum perbankan, hukum ketertiban hidup bermasyarakat dengan mengatur hukum yang jelas mengenai apa yang tidak boleh dan boleh dilakukan oleh masyarakat. 

4. Akuntansi 


Akuntansi adalah suatu pemprosesan keuangan di perusahaan. Perusahaan perlu mengecek ulang setiap pemasukan dan pengeluaran agar mereka mudah menentukan laba yang mereka dapat. Masuk jurusan akuntansi, keteraturan dan ketertiban akan menjadi tonggak keberhasilan dalam menjalankan fungsi-fungsi akuntansi, sehingga akan diarahkan agar dapat menyajikan laporan keuangan sesuai dengan periodenya (prinsip matching), dan selalu diingatkan agar dapat menyimpan (mendokumentasikan) bukti-bukti seluruh transaksi secara lengkap, rapi dan berurutan. 

5. Psikologi 


Jurusan ini mempelajari perilaku mental yang didasarkan pada penelitian dan pola umum. Jurusan Psikologi juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan seseorang. Pada umumnya lulusan psikologi bekerja pada bidang, konseling, psikologis klinis, da psikologi perusahaan. 

6. Teknik Mesin 


Teknik mesin merupakan teknik yang berfokus pada pengolahan mekanik untuk membuat mesin dan peralatan. ilmu teknik ini mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Banyak sekali prosek kerja dari jurusan ini, seperti bidang industry dan teknologi mesin. 

7. Manajemen 


Jurusan ini mempelajari mengenai tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah perusahaan atau organisasi. Ilmu manajemen membahas tentang tatacara, teknik atau metode dalam penanganan tanggung jawab dalam pengolahan suatu perusahaan. Kebanyakan lulusan ini berpeluang kerja menjadi manajemen proyek atau suatu organisasi yang memastikan keamanan investasi 

8. Kebidanan/Keperawatan 


Jurusan ini banyak diminati khususnya bagi wanita, biasanya mereka memilih jurusan ini sbagai pilihan kedua setelah Kedokteran. Lulusan kebidanan dan keperawatan biasanya di terima bekerja di Rumah sakit, Klinik, Asuransi kesehatan dan lain-lain. 

9. Pendidikan 


Umumnya mereka yang memilih jurusan ini memang menginginkan menjadi seorang guru. Selain itu persaingan dalam jurusan ini juga terbilang mudah. 

10. Design Grafis 


Zaman yang serba digital ini membuat jurusan Design Grafis menjadi jurusan yang banyak diminati. Namun jurusan ini belum banyak di Universitas di Indonesia. Beberapa prospek kerja dari jurusan ini seperti bekerja pada perusahaan penerbitan, rumah design, perusahaan film, pengembang game, dan branding consultant.

Comments