Kuliner Minang yang Mendunia


Kuliner khas padang yang satu ini menjadi primadona setiap orang. Banyak para penikmat kuliner yang memang datang ke Indonesia hanya untuk berburu kuliner khas Minang ini. Rendang menjadi salah satu menu favorit mereka. Maka tak heran jika Rendang masuk kedalam jajaran makanan paling enak sedunia. Pada tahun 2011 melalui jajak pendapat internet yang melibatkan 35.000 responden yang digelar CNN International, menobatkan Rendang sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar ‘World’s 50 Most Delicious Foods’. 

Keberadaan Rumah Makan Padang sudah tidak usah ditanyakan lagi, keberadaannya sudah menjamur di seluruh antero Indonesia. Bahkan tak sedikit Rumah Makan Padang yang bisa kita temui di luar negeri. Namun jangan heran jika berkunjung ke daerah Minang, maka akan kesulitan mencari rumah makan dengan bertuliskan “Rumah Makan Padang”, karena didaerah asalnya rumah makan ini bernama ‘Rumah Makan Piuh’ atau ‘Rumah Makan Kapau’. 

Yang menjadi khas dari masakan padang ialah pedas dan bersantan. Selain itu, ketika membeli sebungkus nasi padang pasti tidak akan ketinggalan daun singkong rebus, kuah santan dan sambal hijaunya. Ciri khas lain yang biasanya ada dari masakan padang yaitu bumbu rempahnya yang sungguh kuat. Ini menandakan bahwa masakan padang sangat meng-Indonesia karena menonjolkan kekayaan rempah yang di miliki Indonesia. 

Berikut ini adalah 10 masakan Padang yang wajib dicoba : 

 

1. Rendang

2. Soto Padang 


3. Dendang Balado


4. Kalio Dagiang 


5. Gulai Paku 


6. Teh Taula 


7. Karupuak Sanjai 


8. Gulai Atiak 


9. Sate Padang 


10. Ikan Balado 



Makasan Padang adalah sebagian kecil dari banyaknya kuliner Indonesia yang mendunia. Mari berbangga hati terlahir di Negara yang kaya akan kuliner, budaya dan sumber daya alamnya.

Comments