Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu

Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu – Penyakit usus buntu merupakan sebuah istilah penyakit dimana terjadi gangguan pada salah satu bagian pencernaan. Kondisi tersebut terjadi karena organ usus buntu atau apendix mengalami peradangan sehingga memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Organ usus buntu berada di area kanan perut dimana ketika kita sering merasakan nyeri pada bagian tersebut bisa jadi penyakit tersebut sedang menjangkiti anda. Penyakit bukan termasuk penyakit karena bisa menyebabkan komplikasi serius. Agar tidak sampai dalam tahap pengangkatan hingga komplikasi, tentu saja mencegah terjadinya radang usus buntu adalah hal yang penting dilakukan. dengan menerapkan pola hidup sehat, penyakit berbahaya ini bisa anda cegah. Sistem pencernaan yang lancar merupakan syarat penting agar resiko penyakit tersebut tidak semakin besar. Maka mengonsumsi makanan berserat, minum air putih cukup adalah salah satu upaya penting dalam mencegah penyakit satu ini. berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai cara mencegah penyakit usus buntu. 




Cara Mencegah Usus Buntu 

1. Konsumsi makanan berserat 
Penumpukan feses mampu dicegah dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Dengan tidak adanya penumpukan feses, resiko radang usus buntu pun bisa anda minimalisir. Oleh sebab itu, rajinlah mengonsumsi makanan-makanan tinggi serat. Semisal buah, sayur atau agar-agar. Imbangi dengan suplai air minum yang cukup untuk semakin memperlancar sistem pencernaan anda. 

2. Cukupi asupan vitamin A dan D 
Makanan dan minuman yang mengandung vitamin A dan D bermanfaat melawan infeksi. Dua vitamin ini ampuh untuk menangkal infeksi bakteri yang menyebabkan radang usus buntu. Anda bisa mengonsumsi sayuran serta buah yang kaya vitamin tersebut. Misalnya tomat, wortel, bayam, apel. Meminum susu murni juga efektif mencegah usus buntu karena susu kaya kandungan vitamin D. 

3. Jangan tunda buang air besar 
Menunda buang air besar akan menyebabkan feses menjadi keras dan akhirnya tertimbun di bagian usus. Hal ini akan menyebabkan potensi radang usus buntu semakin meningkat. Kerasnya feses ini membuat penderita mula-mula akan merasa mengalami sembelit. Jika hal tersebut berulang maka pada akhirnya akan terjadi radang usus buntu yang mengharuskan kita untuk mendapatkan tindakan operasi. 

4. Batasi asupan kafein 
Kelebihan asupan kafein dan alkohol akan menyebabkan resiko sembelit menjadi lebih tinggi. Terlalu sering terkena sembelit membuat resiko usus buntu menjadi lebih besar. Mulailah untuk membatasi asupan minuman atau makanan yang mengandung kafein. Misalnya kopi, teh atau minuman-minuman beralkohol. 

5. Cukupi asupan air putih 
Air putih bermanfaat menghidrasi tubuh serta membuat pencernaan lebih lancar. Sembelit yang menjadi cikal bakal radang usus buntu pun bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Untuk anda yang aktif beraktivitas di depan komputer, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Imbangi dengan asupan serat untuk semakin memperlancar pencernaan. 

Itu dia berbagai cara mencegah penyakit usus buntu dengan metode alami. Jika mengalami gejala-gejala usus buntu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Comments