Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Radang Panggul

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Radang Panggul - Penyakit radang panggul atau dalam bahasa medis disebut dengan PID (Pelvic Inflamatory Disease) merupakan suatu peradangan ataupun infeksi yang terjadi pada beberapa organ yang ada di panggul seorang wanita. Beberapa organ di panggul yang bisa terkena penyakit tersebut antara lain rahim (uterus), saluran telur (tuba falopi), leher rahim, serta indung telur. Bisa dikatakan bahwa penyakit radang panggul adalah suatu infeksi pada organ reproduksi wanita yang merupakan suatu komplikasi. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit radang panggul bisa terjadi pada satu bagian saja, maupun beberapa bagian sekaligus yang bisa tergolong kronis atau akut. Penyakit radang panggul akut yang disebabkan oleh patogen pada umumnya secara klinis ditunjukkan dengan peradangan yang berat atau ringan di mana penderitanya akan merasakan sakit pada bagian perut, tidak nafsu makan, bahkan hingga demam dan menggigil. Penyakit radang panggul harus mendapatkan penanganan medis, berikut ini akan kami ulas faktor penyebab dan gejala penyakit radang panggul. 

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Radang Panggul 


1. Tidak Memperhatikan Kebersihan Dalam Hubungan Seksual 
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit radang panggul adalah karena tidak memperhatikan kebersihan pada saat melakukan hubungan seksual. Selain itu melakukan hubungan seksual di usia yang terlalu muda juga bisa menjadi penyebab seorang wanita terkena penyakit ini, perlu Anda ketahui bahwa seorang wanita yang berumur kurang dari 20 tahun memiliki resiko tiga kali lebih tinggi. 

2. Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim 
Penggunaan alat kontrasepsi di dalam rahim juga bisa menjadi penyebab mengapa seorang wanita mengalami penyakit radang panggul, seorang wanita yang menggunakan alat kontrasepsi ini memiliki resiko dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan wanita yang menggunakan alat kontrasepsi jenis lain. Oleh karena itulah Anda harus memperhatikan segala resikonya sebelum memilih alat kontrasepsi. 

3. Riwayat Penyakit Radang Panggul 
Perlu Anda ketahui bahwa penyakit radang panggul memiliki resiko yang lebih besar bagi mereka yang pernah memiliki riwayat penyakit tersebut. Hal ini diperparah jika ada seorang wanita yang tidak melakukan pengobatan penyakit radang panggul hingga tuntas sehingga suatu saat bisa saja akan kambuh lagi, oleh karena itulah maka Anda harus melakukan pengobatan hingga tuntas. 

Gejala Penyakit Radang Panggul 

1. Nyeri di Perut Bagian Bawah 
Salah satu gejala yang biasa dialami oleh seorang wanita yang menderita penyakit radang panggul adalah rasa nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan secara tiba-tiba dengan rasa sakit yang tidak tertahankan, selain itu rasa nyeri ini juga biasanya disertai dengan demam atau tingginya suhu tubuh yang menandakan adanya infeksi di organ yang ada di area panggul. 

2. Pendarahan 
Sebagian wanita yang menderita penyakit radang panggul juga akan mengalami gejala pendarahan, pada umumnya pendarahan ini terjadi pada saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Selain itu pendarahan yang dialami oleh seorang wanita penderita penyakit radang panggul juga terjadi pada saat yang tidak biasa seperti misalnya di antara periode menstruasi. 

Penyakit radang panggul merupakan penyakit yang serius sehingga Anda harus mengetahui faktor penyebab dan gejalanya seperti yang telah diulas di atas.

Comments