Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak ternyata memiliki segudag manfaat, tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, melainkan juga daun nya yang bisa dikatakan lebih besar manfaatnya karena dapat mengobati penyakit kanker dan beberapa penyakit lainnya. 

Sedikit penjelasan tentang asal muasal sirsak. Sirsak atau Durian Belanda dengan nama latin Annona Muricata L. merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di daerah indonesia sirsak ini dikenal banyak nama diantaranya nangka landa (jawa) dan jambu landa (lampung). Sirsak ini banyak digunakan untuk bahan yang dijadikan pengobatan herbal. 

Dibalik besarnya manfaat sirsak ini tidak lepas dari kandungan-kandungan bahan yang luar biasa. Kandungan yang ada pada daun sirsak diantaranya : acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, anomurine, anonol, caclourine, gigantetronin, annomuricin, linoleic acid, gentisic acid, muricapentocin, annonacin, dan banyak lainnya. 

Berikut beberapa Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar yang alami untuk obat tradisional : 


1. Mengobati kanker 
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang pertana adalah mengobati penyakit kanker. menurut penelitian yang pernah dilakukan di purdue University Of Amerika oleh para pakar, disitu membuktikan bahwa kandungan yang ada pada daun sirsak memiliki kandungan yang bisa mengobati dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Jenis kanker yang dinyatakan dapat diobati menggunakan daun sirsak diantaranya: kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan lebih banyak jenis kanker lainnya. 

Bagi anda yang ingin mencoba manfaat daun sirsak untuk menyembuhkan kanker berikut dosis yang disarankan : ambil 11 helai daun sirsak (petik langsung daun yang ada di pohonnya, jangan pilih yang terlalu muda atau terlalu tua), kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 500cc(2 gelas). kemudian rebus sampai tersisi 250cc lalu saring air rebusan biar bersih dan minum (usahakan diminum pada saat air masih hangat) satu kali sehari sebelum tidur, usahakan diminun secara teratur untuk penyembuhan. 

2. Mengobati asam urat 
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan selanjutnya yaitu mengobati penyakit asan urat. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung purin yang berlebihan. Bagi anda yang sudah menderita penyakit asam urat ini jangan gundah karena penyakit ini bisa di atasi dengan mengkonsumsi daun sirsak. 

Caranya, dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. minum rebusan ini selagi hangat. selain untuk menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit diabetes melitus. 

3. Mengobati penyakit wasir 
Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang lain yaitu mengobati penyakit wasir. Seperti yang telah kita ketahui warsir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan pada bagian pangkal. Pada kondisi yang berbahaya, penderita akan merasa nyeri dan keluar darah pada anus. Bagi anda penderita penyakit wasir jangan gundah dulu, karena daun sirsak ini bisa dijadikan salah satu obat yang paling bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit wasir. 

Caranya dengan mimun air rebusan daun sirsak. menkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin dapat menyembuhakan penyakit ini, untuk tata caranya, ambilkan 10 helai daun sirsak (jangan yang muda ataupun terlalu tua), rebus dengan 3 gelas air, tungg hingga tersisa kira-kira 1 gelas. minum satu kali sehari (lakukan secara rutin). Kandungan daun sirsak ini sudah ditelita banyak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan sekitar anus dan mempu membuat otat anus menjadi rileks. 

4. Menurunkan kolesterol 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat pada daun sirsak cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolertorel dalam darah. kolestorel ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Salah satu contoh makanan yang banyak mengandung kolesterol adalah bebek goreng, ayam goreng, serta makanan yang banyak mengandung minyak. Apalagi jika minyak goreng yang sudah di gunakan berkali kali hingga warnanya berubah menjadi kehitaman, disini sumber kolestorel jahat ini. 

5. Meneyembuhkan penyakit asma dan sesak nafas 
Untuk menyembuhkan asma dan sesak nafas, gunakan 7 helai daun sirsak yang dibuat sarang semut rang-rang. kemudian remas-remas dalam air kira-kira satu gelas. Minum setiap hari (di pagi hari), minum secara rutin hingga penyakit sembuh. 

6. Menghilangkan bisul 
Bisul merupakan penyakit yang timbul akibat adanya infeksi pada kulit. Penyakir ini sangat mengganggu karena akan terasa gatal. Bagi anda penderita bisul jangan cemas dulu karena untuk dapat menyembuhkannya anda tidak memerlukan biaya mahal, hanya menggunakan daun sirsak. 

Caranya, ambil daun sirsak yang muda secukupnya, remas remas dalam air hingga airnya sedikit kendal (warnya kehijauan). selanjutnya basuh bisul dengan air tersebut. cara lain yang dapat digunakan adalah haluskan daun sirsak (menjadi lulur), gunakan lulur daun sirsak pada bagian bisul, dan bersihkan jika lulur sudah mengering. 

7. Menghilangkan kutu rambut 
Zaman sekarang ini banyak sekali produk obat-obatan yang bisa dijadikan untuk membasmi kutu rambut. Namun obat-obatan itu dibuat secara kimiawi, dan harganya yang lumayan mahal. Namun, ada rahasia alam yang terkandung dalam daun sirsak. Salah satu manfaat daun sirsak untuk obat luar adalah membasmi kutu rambut. Caranya rebus beberapa helai daun sirsak, gunakan airnya untuk kramas rambut, dalam satu minggu hasilnya akan terihat jelas.

Comments