Pentingnya paham teknologi IT


Saat ini berbagai hal dikerjakan atau dimudahkan dengan bantuan teknologi IT, abad 19 adalah mulai berkembangya teknologi IT didunia. Perkembangan komputer yang dulunya butuh space dan banyak sumberdaya saat ini telah dimodifikasi menjadi sangat sederhana, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Dari era DOS hingga saat ini yang masuk kedalam canggihnya tampilan system oprasi windows atau juga macintosh. Telephon genggam yang dulunya hanya bisa buat kirim pesan dan telefon saat ini menggunakan system oprasi yang bisa sangat membantu banyak aktifitas penggunanya.
                 
Segala aspek pekerjaan saat ini hampir semua butuh teknologi, dari pekerjaan yang masih manual saat ini mulai menggunakan teknologi system informasi. Penggunaan email untuk mengirim pesan jarak jauh mampu menggantikan berkirim surat melalui kantor pos, jauhnya tempat belanja pakaian dan kebutuhan lain saat ini dibantu dengan munculnya banyak toko online sehingga kita bisa belanja sambil tiduran di kamar, rumitnya perhitungan perusahaan mampu digantikan oleh software rancangan programmer yang dapat menyelesaikan tugas tersebut hampir tanpa kesalahan.


Teknologi IT dapat dibagi menjadi 2 menurut penggunaannya yaitu online dan offline, untuk online pengguna memerlukan koneksi internet untuk menghubungkan pengguna lain yang berda dilain tempat, akses online berkembang begitu hebat hingga berdirinya perusahaan besar sekelas Google yang mampu menyajikan data dan informasi antara pengguna satu dengan pengguna lain. Untuk offline teknologi IT disajikan dalam pekerjaan kantor  seperti aplikasi penulisan dokumen yang menggatikan peran mesin ketik, aplikasi manipulasi gambar dan vektor yang memudahkan desainer mengolah gambar dengan tools yang sangat dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan teknis saat menggambar. Atau juga form absensi untuk pegawai. 

Namun yang ditakutkan teknologi IT akan menggantikan peran manusia sehingga peran manusia dalam pekerjaan malah akan tersingkirkan dengan kehadiran kemudahan tersebut. Pemanfaatan teknologi IT telah masuk kedalam berbagai aspek kehidupan. Orang-orang yang hidup di era ini sangat terbantu dengan kehadiran penemuan-penemuan teknologi baru. Sangat bermanfaat jika berbagai teknologi ini bisa digunakan dengan tepat dan lebih bijak.

Comments