Uniknya Budaya Suku Dayak


Suku Dayak merupaka salah satu suku terkenal asli Kalimantan, suku ini sangat kental akan etnik budayanya, tak hanya di Indonesia suku ini juga terkenal sampai ke mancanegara. Ilmu ilmu spiritual yang kuat menjadi ciri khas suku yang mendiami pedalaman tanah Borneo.


Asal usul Suku Dayak merupakan keturunan dari Ras Mongolid. Seperti pada teori teori sejarah bahwa jaman dahulu benua Asia masih menyatu dengan Pulau Kalimantan. Ras Mongolid yang kalah dalam perang akhirnya terdesak dan kemudian mengembara kea rah Selatan,dimulai dari Semenanjung Malaya, Serawak hingga berakhir di Kalimantan. Kemudian ras Mongoloid ini menetap dan membangun perkampungan di pinggiran sungai, mulai dari sini lah ethnis ini mulai berkembang di tanah Borneo.
Dilihat dari sejarahnya, suku Dayak mendirikan kerajaan mereka di Nansarunai yang bernama Kerajaan Dayak. Namun kerajaan ini sempat bertahan lama, ia hancur oleh kedigdayaan Majapahit yang saat itu sedang marak melakukan ekspedisi wilayah.


Asal usul suku dayak juga dipengaruhi oleh suku dan budaya lain yang masuk ke Kalimantan. Budaya islam yang dibawa orang Jawa membuat masyarakat Dayak yang awalnya animism beralih menganut Islam, serta kebudayaan Tonghoa yang menambah keberagaman seni Suku Dayak.
Pengaruh suku dan budaya lain yang masuk ke Kalimantan membuat suku ini terbagi menjadi 6 rumpun, yaitu rumpun Klemantan, rumpun Iban, rumpun Apokayan, rumpun Murut, rumpun Ot Danum Ngaju, dan rumpun Puna. Keenam rumpun tersebut terbagi lagi menjadi ratusan sub suku dayak yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan.


Demikian sedikit ulasan mengenai suku Dayak, masih banyak lagi berbagai macam suku dipedalaman hutan Indonesia. Semakin terlihat begitu kayanya Negara kita tercinta ini selain alamnya yang melimpag, berbagai suku dan budayanya juga melimpah.

Comments