Sejak Kapan Kerupuk jadi Teman Makan?

Kerupuk, siapa yang tidak kenal dengan kerupuk? Salah satu makanan ringan yang sering menjadi teman makan masyarakat Indonesia. Hampir disemua warung makan tersedia makanan yang satu ini. Tidak diketahui persis tahun berapa kerupuk ada di Indonesia, namun kerupuk sudah ada sejak Indonesia masih di jaman kekerajaan. Biasanya kerupuk terbuat dari adonan tepung tapioka yang dibubuhi perasa udang atau ikan, tetapi ada juga kerupuk yang terbuat dari kulit hewan. Cita rasa yang gurih dengan tekstur renyah menjadikan kerupuk sebagai teman makan yang asik. Di Indonesia sendiri sangat banyak sekali jenis – jenis kerupuk.

Kerupuk Udang

Kerupuk udang dibuat dengan cara mencampur adonan tepung tapioka dan tumbukan udang yang diulet atau diaduk menjadi satu. Setelah itu adonan tersebut dikukus, dan kemudian dicetak sesuai bentuk yang diinginkan lalu dijemur dibawah terik sinar matahari kurang lebih selama 2 – 3 hari. Kerupuk udang yang sudah kering masih perlu digoreng untuk dapat dikonsumsi.

Kerupuk Kulit

Kerupuk Kulit biasanya bercita rasa gurih. Kerupuk Kulit dibuat dari kulit sapi atau kerbau yang direbus dengan bumbu rempah. Hampir sama dengan kerupuk udang, sebelum digoreng kerupuk kulit harus dijemur dulu hingga kering. Penjemuran juga memakan waktu yang relative sama sekitar 2 – 3 hari.

Kerupuk Gendar

Gendar adalah adonan nasi yang mempunyai tekstur kenyal Karena dalam pembuatan biasanya ditambah bleng atau tepung tapioka. Selain dapat diikonsumsi dalam bentuk gendar pecel, ternyata gendar juga dapat dibuat kerupuk. Caranya dengan mengiris tipis – tipis si gendar tadi dan kemudian menjemurnya hingga kering dan kemudia digoreng sama seperti kerupuk pada umumnya.

Kerupuk Jengkol

Jika anda penggemar jengkol mungkin kerupuk ini tidak asing bagi anda. Ada beberapa cara yang digunakan dalam pembuatan kerupuk jengkel ini. Cara yang pertama adalah dengan menumbuknya hingga pipih, dikeringkan dan kemudian digoreng. Cara yang kedua adalah dengan menghaluskan sijengkol dan mencampurnya dengan tepung kanji, dikukus, dijemur dan digoreng seperti kerupuk lainya.

Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang adalah kerupuk dengan rasa yang paling sedap. Hampir sama dengan kerupuk udang hanya saja pembuatan kerupuk bawang dibuat dengan menghaluskan bawang terlebih dahulu baru dicampur dengan tepung tapioka, dikukus, dijemur, lalu digoreng.

Masih banyak lagi macam – macam kerupuk yang ada di Indonesia. Kerupuk yang sudah ada sejak jaman kerajaan ini masih disukai hingga saat ini Karena memang cocok dengan masyarakat Indonesia yang menyukai camilan bertekstur kriuk renyah dan bercita rasa gurih.

Comments