Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami

Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami – Pnemonia merupakan salah satu penyakit yang memerlukan penanganan cepat. Hal ini perlu dilakukan agar cairan lendir yang menutup pernafasan tidak semakin parah dan pada akhirnya akan menimbulkan komplikasi serius. Penyakit pernafasan ini merupakan sebuah kondisi dimana kantung udara yang ada di paru-paru mengalami perangan. Penyakit yang juga disebut dengan paru-paru basah ini bisa menyerang siapapun. Mulai dari balita, anak-anak sampai kalangan dewasa. Agar tidak semakin parah, anda memerlukan perawatan intens dan pengobatan tepat jika mengalami pnemonia. Dengan metode alami pun anda bisa mengobati penyakit tersebut secara cepat. Bahan-bahan alami ini mengandung sifat mukolitik, ekspektoran dan anti bakteri. Dengan sifat tersebut, aliran lendir pun akan lebih lancar dan mampu keluar dari saluran rongga udara. Nah, di bawah ini ulasan selengkapnya untuk berbagai cara mudah mengatasi pnemonia secara alami. 



Cara Alami Mengobati Pneumonia 

1. Menggunakan kunyit 
Bersifat sebagai mukolitik, kunyit bermanfaat menghilangkan lendir di bagian saluran pernafasan. Selain itu kandungan antibakterinya juga baik untuk melawan infeksi sehingga pneumonia tidak semakin parah. Campurkan bubuk kunyit secukupnya dengan minyak mustard hangat. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada area dada. Kemudian campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan susu hangat dan minum ramuan tersebut 2-3 gelas setiap hari. 

2. Menggunakan daun kemangi 
Daun kemangi memiliki sifat hangat yang mampu menenangkan area pernafasan. Selain itu, tanaman lalapan ini juga memiliki sifat mukolistik seperti yang ada pada kunyit. Maka dengan mengonsumsinya secara teratur anda bisa meringankan kondisi pneumonia yang dialami. Cara memanfaatkan tanaman satu ini adalah dengan memblender daunnya sebanyak 5 lembar dengan air secukupnya. Tambahkan sejumput lada hitam dan konsumsi secara teratur. 

3. Menggunakan minyak terpentin 
Minyak terpentin bermanfaat sebagai obat luar penyakit pnemonia. Sifatnya yang hangat bermanfaat untuk menenangkan area pernafasan dan mengencerkan lendir. Gunakan minyak alami ini untuk digosokan pada area tulang rusuk dan dada. Anda bisa menambahkan kapur barus bubuk agar khasiat minyak satu ini semakin meningkat. Oleskan secara teratur untuk memaksimalkan pengobatan anda. 

4. Menggunakan minyak oregano 
Minyak oregano memiliki kandungan antivirus, antibakteri dan anti jamur. Hal ini membuat minyak tersebut sangat efektif untuk mengencerkann lendir dan membuat pernafasan menjadi lebih lega. Campurkan segelas air dengan tiga tetes minyak oregano kemudian minum secara teratur. Atau dengan meneteskan minyak tersebut pada tisu kemudian tempatkan dekat dengan area bantal agar anda bisa menghirupkan ketika tidur. 

5. Menggunakan biji wijen 
Biji wijen bisa anda manfaatkan sebagai ekspektoran alami yang berfungsi melegakan pernafasan serta mengencerkan lendir. Dahak yang menyesakan area pernafasan pun akan mengencer dan keluar dari saluran pernafasan. Campurkan biji wijen sebanyak 1 sendok makan dengan 1 sendok makan biji rami. Didihkan beserta air sebanyak 1 cangkir. Konsumsi ramuan tersebut beserta madu secara rutin. 

Demikian berbagai cara alami mengatasi pnemonia yang bisa anda terapkan secara mandiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments