Manfaat Olahraga Lari Dipagi Hari

Lari adalah salah satu bagian dari kegiatan olahraga. Lari juga merupakan olahraga yang paling hemat dengan manfaat yang kaya, bagaimana tidak? Hanya dengan bermodalkan sepatu lari anda sudah dapat melakukan aktivitas ini, olahraga lari juga merupakan salah satu jenis olahraga simple dengan satu gerakan. Umunya lari dapat memperkuat otot paha dan menjaga stamina anda. Jika anda seorang yang sangat sibuk dihari – hari anda, olahraga yang satu ini sangat direkomendasikan. 

Walaupun anda seorang dengan tipe bekerja full day bukan berarti anda harus meniggalkan olahraga. Meninggalkan kegiatan ini dapat mendatangkan anda penyakit. Bila memang pekerjaan anda full day disarankan untuk melakukan aktivitas lari pagi. Beberapa jam sebelum anda pergi bekerja sempatkanlah untuk berolahraga. Udara pagi yang masih bersih belum terkontaminasi dengan zar – zat atau gas emisi mampu mensuplai oksigen ke otak dengan sempurna. Ambil langkah – langkah kecil dengan irama yang sama dan tingkatkan jarak beberapa meter tiap harinya akan menjaga stamina anda, fresh saat bekerja dan bersemangat bisa anda dapat setelah melakukan olahraga lari pagi.


Ada banyak sekali manfaat dari aktivitas rutin lari pagi, salah satunya adalah menyehatkan jantung. Dengan mengambil lari pagi kurang lebih sejauh 15km per minggu maka kolesterol dalam tubuh dapat terkurangi, selain itu dengan melakukan olahraga ini resiko gangguan pada tekanan darah dapat dikurangi. Lari pagi juga dipercaya dapat memperpanjang umur. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, berlari dengan jarak tempuh lebih dari 20km dalam seminggu dapat mengurangi resiko kematian, hal ini berkaitan dengan kesehatan jantung yang telah dibahas sebelumnya. Jika anda rutin melakukan lari pagi maka kesehatan jantung anda terjaga, selain itu tentunya anda akan berkeringat. Dengan berkeringat berbagai toksin zat – zat berbahaya seperti racun keluar.

Manfaat lari juga dapat meningkatkan stamina. Stamina prima dibutuhkan bagi anda para pekerja full day dengan banyak sekali tantangan dan aktivitas kerja. Jika stamina anda kurang prima tentunya rasa capek, flu, dan masuk angina dapat menyerang. Tentu ini suatu kerugian, apabila stamina anda kurang prima tentu hasil kerja kurang memuaskan. Lari kecil dipagi hari disarankan untuk pekerja full day.

Menjaga kesehatan tulang dengan lari pagi juga dapat dilakukan. Kepadatan tulang menjauhkan anda dari bahaya tulang keropos osteoporosis. Selain itu kepadatan tulang yang baik juga akan memperbaiki kualitas tulang menjadi lebih kuat.

Olahraga memang suatu kewajiban yang harus dijalankan demi menjaga kesehatan tubuh dan juga menjauhkan kita dari berbagai penyakit di hari tua nanti. Biasakan mengambil lari kecil – kecil dipagi hari dan memperbaiki jarak tempuh secara bertahap. Menghirup energi positif dalam bentuk oksigen bersih dan mengeluarkan energi negative dalam bentuk keringata yang terkandung zat – zat racun jahat.

Comments