Bahan Plastik Jahat Berbahaya

Di-era yang sudah maju dan modern saat ini banyak sekali berbagai benda maupun alat rumah tangga yang terbuat dari berbagai material atau bahan kimia berbahaya apabila tidak tepat dalam pengunaanya termasuk plastik. Hampir disetiap sudut ruangan di rumah kita terdapat suatu benda yang berbahan dasar plastik. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga peralatan kantor. Terlepas dari semua itu ternyata plastik mengandung lebih dari 100 bahan kimia berbahaya.

Beberapa jenis plastik mempunyai karakter masing – masing, jenis plastic yang sering digunakan antara lain Poly Vinyl Chlorida (PVC) , Polypropylene (PP) , Poly Ethen Three (PTE) , Polytheen (PE) , Polyester. Perlu kita ketahui bahwa plastik mempunyai titik lebur yang rendah, maka dari itu plastik sangat berbahaya apabila digunakan untuk menimpan makanan atau minuman pada suhu tinggi. Makanan atau minuman bersuhu tinggi dapat terkontaminasi zat berbahaya dari plastik. Bahan plastik yang aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman adalah jenis PP atau Polypropylene, plastic jenis ini mempunyai kode angka 5. Walaupun diklaim aman, namun tetap disarankan untuk menghindari penggunaan dengan suhu tinggi.


Tak sedikit korban yang harus dirawat di rumah sakit akibat penggunaan barang berbahan dasar plastik yang kurang tepat. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan adalah kanker dan kemandulan. Dari beberapa kasus yang terjadi si korban sering menggunakan peralatan yang berbahan dasar plastic untuk mengkonsumsi makanan yang bersuhu tinggi seperti untuk membuat kopi dan lainya.
Apabila memang penggunaan plastik yang berhubungan dengan makanan dan minuman bersuhu tinggi sebaiknya secepatanya dipindahkan pada wadah yang aman tidak berbahan dasar plastik. Hindari juga penggunaan plastik untuk membungkus makanan ringan seperti lontong atau sejenisnya, sebagai alternative dapat anda gunakan daun pisang sebagai alat pembungkus.

Selain mempunyai sisi negatif bagi kesehatan manusia, penggunaan plastik juga berdampak buruk bagi lingkungan. Bahan dasar plastik yang memang susah terurai adalah penyebabnya. Butuh waktu hingga ratusan tahun untuk dapat mengurai limbah plastik. Penggunaan plastik terus meningkat pada setiap harinya dapat kita bayangkan beberapa tahun kedepan dunia ini akan penuh dengan limbah plastic apabila penanganan dan kesadaran kita kurang.

Comments