Menikmati Flora dan Fauna di Gembira Loka Zoo


Yogyakarta, siapa yang tidak kenal dengan kota yang satu ini. Wisata yang melimpah, kebudayaannya yang masih kental serta banyak makanan daerah yang disajikan. Yogyakarta memang terkenal dengan kota wisata, mulai dari candi, pantai, kuliner semua tersedia dikota ini. Yogyakarta juga punya wisata edukasi yang tidak kalah menariknya dari wisata sejarahnya, salah satunya ada kebun binatang. Kebun binatang yang ada di Jogja adalah Gembira Loka Zoo.


Gembira Loka Zoo berdiri diatas tanah seluas 20 hektar dengan 100 spesies lebih fauna dan 61 spesies flora. Tidak hanya menyuguhkan wisata kebun binatang, Gembira Loka Zoo juga banyak menyediakan wahana untuk bersantai seperti restoran, kapal bebek dan masih banyak lagi. Awalnya Gembira Loka Zoo hanya difungsikan sebagai tempat pemeliharaan satwa dari kerajaan keraton Yogyakarta, namun saat ini Gembira Loka Zoo sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang dapat dinikmati masyarakat umum. 



Pada awalnya Gembira Loka Zoo tidak terurus dengan baik, baik dari segi perawatan satwa serta infrastrukturnya. Pada tahun 2010, Gembira Loka Zoo mengalami perbaikan dalam segala aspek. Dari sini mulai adanya peningkatan untuk mengunjungi kebun binatang ini. Saat ini Gembira Loka Zoo sudah menempati peringkat ke 3 setelah Malioboro dan Keraton Jogja sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi di Jogja. Gembira Loka Zoo menyediakan berbagai macam keunggulan salah satunya adalah fasilitas untuk memegang hewan disana secara langsung. Gembira Loka Zoo menyediakan tempat khusus untuk pengunjung, dimana nantinya pengunjung dapat memegang hewan disana secara langsung, hewan hewan di area ini dilepaskan begitu saja agar dapat berinteraksi secara langsung. 

Selain itu juga, Gembira Loka Zoo menyediakan jadwal pemberiaan makan hewan. Pengunjung dapat melihat saat saat fauna disana diberi makan. Sangat menarik dan dapat menjadi sarana edukasi bagi si kecil. Gembira Loka Zoo juga menyediakan tempat foto dengan hewan hewa secara langsung seperti burung Beo dan burung Elang. 


Salah satu spot yang sangat menarik yaitu pada bagian ikan, dispot ini Gembira Loka Zoo menyediakan fasilitas yaitu kolam tangkap. Pada kolam ini mengunjung dapat memegang beberapa ikan secara langsung. Disini juga terdapat fasilitas untuk terapi dengan ikan ikan kecil, namun jika anda ingin menggunakan fasilitas ini, anda harus membeli tiket kembali. Gembira Loka Zoo juga menyediakan fasilitas untuk menaiki unta. Ini menjadi wahana paling favorit bagi anak anak karena sangat jarang dapat menaiki unta.


Gembira Loka Zoo memiliki fasilitas yang sangat baik, mulai dari tersedianya banyak tempat sampah sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk membuang sampah, tempatnya bersih dan tidak ada sampah yang berserakan, serta terdapat beberapa toilet dan masjid sehingga sangat memudahkan para pengunjung disana. Yuk tunggu apalagi, kalau ke Jogja jangan lupa ke Gembira Loka Zoo yaa!




Comments