Marketing Profesi Dasar Wirausaha Tetapi Jarang Peminat


Marketing merupakan ujung tombak perusahaan, melalui marketing perusahaan dapan menjual produk mereka dapat menjual jasa mereka. Jadi marketing adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab memasarkan produk atau jasa untuk menghasilkan transaksi penjualan yang menguntung perusahaan tersebut.

Sangat banyak lowongan pekerjaan dengan profesi marketing tetapi sedikit orang yang tertarik dengan dunia ini karna kurang aman untuk keuangan mereka. Tidak ada gaji pokok sebesar jabatan lain yang lebih aman, kontrak kerja yang tak aman pula sebab perusahaan dapat mengeluarkan tenaga marketing kapan saja jika mereka tek berprestasi.

Tetapi jangan salah profesi marketing adalah profesi yang menggiurkan bagi sebagian orang karena pundi - pundi uang akan merka dapat lebih banyak jika mereka berprestasi, kesempatan mendapatkan bonus dan juga hadiah liburan ada didepan mata mereka jika mereka mampu melewati target yang ditetapkan perusahaan tempat mereka bekerja.

Seperti apasih profesi ini, ini adalah profesi yang menyenangkan jika seseorang sudah menemukan jalan pada profesi ini karena hari-hari dilalui dengan ketemu banyak orang dan ngobrol santai tetapi tetap dengan tujuan penjualan. Tetapi bagi seorang pemula perlu membangun yang namanya personal branding sebelum seseorang benar-benar menjual produk yang mereka tawarkan. Membuat orang ingat nama anda saat orang berbicara tentang produk yang anda jual. Membuat orang menceritakan anda saat orang sedang membicarakan produk yang anda jual dan orang akan mencari anda jika orang butuh produk yang anda jual, itu untuk seorang marketing eksekutif.

Ada berbagai posisi marketing tetapi dengan ranah kerja yang berbeda diantaranya, marketing eksekutif yaitu marketing yang langsung terjun ke lapangan mencari prospek untuk menjual produk mereka, sales counter adalah profesi sales yang melakukan prospek kepada calon pembeli yang datang langsung ke konter penjualan, SPG/SPB (Sales Promotion Girl/Sales Promotion Boy) seperti yang banyak anda tau saat belanja ke mall mereka adalah tenaga penjual yang melayani pembelian langsung di tempat, Marketing komunikasi atau sering disebut Markom adalah semacam public relationship perusahaan tetapi mereka bertugas melakukan beberapa strategi pemasaran dan juga membangun hubungan baik dengan perusahaan lain untuk tujuan meningkatkan penjualan perusahaan.


Bidang penjualan adalah bidang basic  untuk bergerak menjadi  seorang wirausaha, kita dapat belajar banyak bagaimana produk atau jasa dijual, bagaimana kita dapat melakukan branding yang tepat terhadap produk kita, bagaimana seharusnya kita melayani pelanggan, bagaimana cara produk kita dapat lebih dipilih dari pada produk lain yang serupa, bagaimana kita menanggapi keluhan pelanggan dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat menjadi pegangan saat kita hendak berwirausaha.

Comments