Disini Tempat Kamu Bisa Stand Up Comedy

Banyak orang bilang kalau ingin menjadi seorang komika harus cerdas, mereka berfikir dengan IQ pas-pasan serta pemalu sudah dipastikan tidak menarik perhatian orang apalagi lucu, padahal itu salah. Pemikiran yang seperti hanya akan membuat kamu tidak bisa terus maju untuk menjadi seorang Stan Up Comedy.

Kalau kata Raditya Dika “materi stand up comedy itu tidak harus cerdas tetapi bisa juga relevan”


Relevan sama artinya dengan kecocokan. Maksudnya disini adalah kecocokan materi yang dibawakan dengan audience, kecocokan alur komedinya dengan keadaan atau situasi yang sebenarnya. Pada intinya banyak sekali pemahaman mengenai relevansi dari stand up comedy. Jadi meski tidak terlalu pintar dalam mengolah materi yang dibawakan, setidaknya tampilan harus bisa menarik dan menghibur agar dapat diterima oleh audience.

Banyak sekali anggapan anggapan yang mebuat para pemula menjadi ragu untuk menjadi seorang stand up comedy. Tak sedikit pula dari mereka justru malah mengurungkan niat mereka untuk menjadi seorang stand up comedy. Banyak orang berkata :

Materi Stand Up Comedy harus mengandung unsur pesan moral serta kritis.

Memang beberapa komika ternama dan sudah professional selalu menyelipkan unsur moral pada setiap materi yang mereka bawakan, seperti Panji Pragiwaksono serta David Nurbianto. Namun bukan berarti pesan moral ini wajb ada disetiap materi yang ingin dibawakan, apalagi bagi pemula, ini sama sekali bukan menjadi tolak ukur. Banyak pula komika hebat yang tidak menyelipkan pesan moral seperti babe Cabita.

Seorang pula yang terpeting adalah berani, melawan rasa malu, santai dalam pembawaan, dan mampu mengajak audience untuk bisa terbawa dengan materi yang dibawakan.


Ketika tampil dan tidak lucu itu berarti bukan bidang anda.

Komika ternama juga awalnya melewati masa dimana mereka tidak lucu, tidak menarik perhatian audiencenya. Tapi hal itu menjadi pelajara untuk tetap terus mencoba dan berfikir agar audience tertarik akan materi yang dibawakan.sama seperti pisau, semakin diasah aka semakin tajam. Begitu juga Stand Up Comedy, semakin banyak berlatih maka akan semakin bertambah pula kemampuan yang kita miliki.

Yang harus kamu siapkan sebelum untuk menjadi Stand Up Comedy

Tulis materi yang ingin anda bawakan. Ini bukan berarti kamu menulis apa ayang kamu bicarakan dari awal sampai akhir. Tulis apa yang menjadi poin poin nya saja. Menurut komika komika hebat, bukan tentang bagaimana kamu mampu membuat materi hebat, tapi tentang bagaimana kamu membawakannya dengan strategi sederhana dan layak untuk di cerna para penonton.

Membawa alat tulis, sekedar kertas dan bolpoin. Biasanya materi para komika yang dibawakan itu berdasarkan atas hal mereka alami. Sebenarnya bukan hanya bagi pemula saja, kebanyakan komika hebat juga selalu membawa notes untuk menulis ide ide segar yang mereka temukan. Pasti audience juga akan bosan jika materi yang dibawakan hanya itu itu saja, mereka selalu ingin hal yang baru.

Memiliki partner dan komunitas. Nah diri sinilah sebenarnya kamu bisa banyak belajar menjadi seorang stand up comedy. Kamu bisa minda bantuan mereka untuk menilai seberapa lucu dan seberapa mampu kamu untuk membawakan materi. Dan biasanya sebelum tampil kamu bisa gladi resik dulu didepan teman temanmu, agar ketika di depan banyak penanton kamu sudah terbiasa, karena tampil didepan teman sendiri dengan didepan penonton memiliki atmosfer yang sangat berbeda.

Semua hal apabila tidak dilakukan dengan sungguh sungguh maka hasilnya sama dengan 0. Maka dari itu jika kamu ingin menjadi apa yang kamu inginkan terus lah berlatih dan berlatih. Karena tidak ada hal yang tidak mungkin. Semua kesuksesan butuh proses. Dan kamu harus nikmatin semua prosesnya.

Comments