Home Industri Cina

Siapa yang tak kenal Negara tirai bambu yang mampu mengusai pasar Internasional dengan produk yang murah, yak betul “China”. Mari kita bahas sedikit kunci dari kesuksekan Negara ini dalam pasar Internasionalnya

Sumber daya manusia yang sangat ditekankan pada keuketan dan kepintarannya ini menjadi kunci kesuksesan Negara tirai bambu yang satu ini. Negara ini dikenal dengan sebutan home industrinya, karena kebanyakan produk diCina dibuat dalam home industry. Maka tak heran jika banyak home industry yang berdiri namun tetap pada pengelolaan pemerintah Cina. Pendirian mall di Cina pun sangat dibatas, harus melalu berbagai prosedur yang begitu rumit. Hal ini bertujuan untuk menghidupkan penjual penjual kecil di toko.

Pemerintah di Negara Cina tidak pernah melarang rakyatnya yang melakukan pemalsuan. Ada salah satu kota di Cina, yang memang mayoritas penduduknya menjual barang barang palsu. Pemerintah meyakini bahwa Negara bisa maju jika banyak rakyatnya yang menggunakan otak kanannya, dalam hal ini memproduksi barang barang itu sendiri. Maka sudah tidak diragukan lagi dari pemalsuan barang barang tersebut mampu mengengkat perekonomian di Cina.

Berbeda dengan Negara Negara lain yang berusaha keras menaikkan nilai tukar mata uang, di Cina justru mendapatkan dorongan untuk menaikan nilai tukar mata uang, karena nilai mata uang Cina dinilai terlalu mematok harga yang begitu rendah. Pematokan yang terlalu rendah ini mengakibatkan miringnya harga produk produk Cina di pasaran.

Sekolah sekolah besar di Cina sudah mulai banyak mengajarkan siswa/I nya dalam hal interpreuner. Ini membuat Negara Cina semakin berkembang dan mendominasi dalam pasar Internasional. Maka tak heran dari mulai barang sekecil apapun seperti peneti, sampai berbagai alat elektronik berlebelkan “made in China”.

Comments