5 Manfaat Buah Ara Pada Wanita Hamil



Apakah kamu pernah memakan buah ara? Jika belum, ternyata manfaat buah ara sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan buah ini juga baik untuk wanita hamil, tetapi hanya makan secukupnya saja.

Mungkin Anda sudah mengetahui buah ini, tetapi Anda tidak pernah memakannya karena belum mengetahui manfaatnya. Bahkan, buah ara dan daun ara juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit seperti faringitis, batuk kering, asma bronkial, sakit maag. Lalu, apa manfaat buah ara pada wanita hamil? Mari kita cari tahu lebih lengkapnya tentang manfaat buah ini melalui info di bawah ini.

Apakah buah ara aman dikonsumsi saat hamil?
Anda dapat makan buah segar atau kering saat hamil tanpa khawatir tentang kurangnya penelitian yang menunjukkan efek samping dari makan buah ara. Namun, penelitian ini tidak mengkonfirmasi manfaat pasti dari mengonsumsi buah ini selama kehamilan sehingga dokter Anda menyarankan hanya mengonsumsi suplemen sebagai buah, bukan sebagai obat. Anda dapat bertanya kepada dokter Anda berapa banyak yang dapat Anda makan setiap hari untuk memastikan keamanan untuk kehamilan Anda.

Nutrisi buah ara
Setiap 50g buah ara mengandung:

  • Kalori: 37
  • Fiber: 6%
  • Vitamin B6: 4%
  • Tembaga: 3%
  • Mangan: 3%
  • Kali: 3%
  • Asam pantotenat: 3%


Manfaat buah ara pada wanita hamil
Dengan nutrisi ini, buah ara dapat membawa banyak manfaat bagi ibu hamil sebagai berikut:

1. Membantu mengatur tekanan darah
Suplemen sangat bermanfaat untuk jantung. Tinggi kalium dan rendah garam, membantu menurunkan tekanan darah selama kehamilan. Antioksidan polifenol dengan konsentrasi tinggi dalam suplemen membantu mencegah aterosklerosis.

2. Jaga kadar kolesterol Anda dalam batas
Suplemen tinggi omega-3, omega-6s, asam lemak dan pitosterol. Zat ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sekaligus menjaga pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Serat dalam buah ara juga menghilangkan kolesterol dari tubuh.

3. Pelindung mata
Menurut sebuah studi tentang mata, makan tiga atau lebih buah sehari dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula karena usia.

4. Mencegah kanker payudara
Ilmu mencatat bahwa buah ara mengandung zat yang sama dengan benzaldehida, yang membantu mengecilkan tumor. Buah ara juga bersifat antibakteri.

5. Memperbaiki pencernaan
Suplemen adalah sumber serat yang baik, yang mengurangi rasa lapar dan membuat mereka merasa kenyang lebih lama. Ini akan membantu Anda mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Probiotik dalam buah ara membantu mendukung bakteri dalam usus dan sistem pencernaan.

Buah ini dapat dibuat menjadi hidangan lezat, kaya nutrisi untuk ibu hamil. Namun, setiap wanita hamil memiliki kondisi fisik yang berbeda, jadi konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi makanan apa pun, termasuk mengkonsumsi buah, seperti buah ara.

Comments